Cara Penanganan Benih

Cara penanganan Bibit Bandeng dengan baik. Penting!!

Cara ini penting untuk mengurangi resiko angka kematian bibit Bandeng yg Kami kirim melalui Via Darat maupun Udara.
Sebab dulu pernah ada Pelanggan Kami yg mengabaikan cara ini dan langkah-langkah yg Kami instruksikan, dan akhirnya Bibit Bandeng yg mereka beli menjadi banyak yg mati karena Bibit/benih stres.

Cara penanganan dan persiapanya adalah :

  • Siapkan tabung yg berisi oxigen, atau Ban dalam bekas mobil truk yg telah di isi oxigen di dalamnya.
    diharapkan tabung oxigen atau Ban dalam disambung dengan selang kecil supaya ujung selang bisa masuk ke kantong plastik yg berisi Bibit/benih tersebut untuk di isikan oxigen kembali.
  • Pelajari cara membuka dan mengikat kembali kantongan plastik yg berisi benih,serta cara menambahkan oxigen melalui video berikut..
  • Siapkan karet gelang untuk mengikat kembali ujung kantong plastik yg berisi Bibit dan oxigen didalamnya, karena biasanya karet pengikat kantong plastik dari kami yg sudah Anda buka pasti ada yg putus.
  • Siapkan Loyang atau Bascom plastik untuk penempatan Bibit/benih.
  • Siapkan 1 buah Gelas air minum atau bekas Aqua gelas yg bersih.
  • Siapkan air tawar dan air laut secukupnya, kemudian air tersebut di campur 1 banding 2 air laut. didalam box kami telah menambahkan pakan untuk benih, lalu campurkan pakan tersebut kedalam air yg sudah di campur tadi kemudian diaduk hingga pakan larut di dalam air.

Setelah semua yg tersebut di atas telah disiapkan, maka kini adalah langkah penanganannya sebagai berikut..

  • ketika benih sampai di tempat anda, bukalah box atau koli kardus tersebut, lalu keluarkan semua kantong plastik benih di dalamnya, kemudian periksa dan pastikan apakah ada kantongan yg sangat kempes. Apabila ada yg kempes, cepatlah tambahkan oxigen kembali supaya benih selamat.
  • bukalah kantongan benih satu persatu dengan cara menarik ujung atas plastik, lalu ditambahkan 2 gelas air yg sudah dicampur pakan seperti yg tersebut diatas, kemudian tambahkan oxigen lalu di ikat kembali. begitulah seterusnya dilakukan hingga kantongan semua telah diisikan oxgen kembali.
  • setelah semua selesai, diamkan kantongan benih selama 1-2 jam.
  • apabila waktu di diamkan sudah mencapai 1-2 jam, kemudian buka kembali satu persatu kantongan benih lalu tuangkan ke baskom plastik. untuk menghemat waktu, anda bisa jg menuangnya ke 1 buah baskom adalah 1 kantongan benih. kemudian diamkan 1 menit saja. setelah waktu mencapai satu menit, tambahkan sedikit demi sedikit air laut atau air empang ke semua baskom yg terdapat benih tadi hingga membuat benih berputar tenang dalam loyang, setelah itu benih bisa dilepaskan ke empang atau bak penampungan benih.

Demikianlah cara penanganannya.
Semoga dapat membantu..
Salam..